Profil atau Biografi Singkat H Ruslan M Daud, Anggota DPR RI Dapil Aceh 2

 Profil atau Biografi Singkat H Ruslan M Daud, Anggota DPR RI Dapil Aceh 2


 Ruslan M. Daud atau yang dikenal HRD lahir Samalanga, 11 Mei 1970. Ia adalah Bupati Bireuen ke tiga yang menjabat dari 6 Agustus 2012 hingga 6 Agustus 2017. Sejak 1 Oktober 2019 dirinya menjabat sebagai Anggota DPR RI dari daerah pilihan Aceh 2. Ruslan menikah dengan Faridah binti Adam dan dikaruniai tiga orang anak.


Profil atau Biografi Singkat H Ruslan M Daud, Anggota DPR RI Dapil Aceh 2


Ruslan adalah sarjana ekonomi dari STIE Indonesia kota Medan. HRD tercatat pernah mengenyam pendidikan di SMA Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Mudi Mesra Samalanga. Beliau pernah menjabat Ketua Aceh Word Trade Center (AWTC) Kuala Lumpur mulai tahun 2004 sampai 2007 dan menjadi penghubung gerakan Aceh merdeka dalam dan luar negeri.


Sebelum terjun ke dunia politik Ruslan berkeja sebagai wiraswasta. Ia tercatat memiliki sejumlah usaha diantaranya Meoligoe Hotel, Meoligoe Resto, Jumpa Elektronic (Distributor Electronic), Percetakan dan Printing, CV Meoligoe Property, hingga Mini Market.


HRD mulai aktif di politik sejak dirinya terpilih menjadi Bupati Bireuen. Diusung Partai Aceh Ruslan berpasangan dengan Mukhtar Abda dan berhasil memperoleh 87.891 suara mengalahkan dua paslon lainnya yakni Amiruddin Idris-Muhammad Arif dan pasangan Saifuddin Muhammad-Rosnani Bahruny masing masing jumlah 35.695 dan 19.190 suara.


Pria yang hobi Trail dalam karirnya juga pernah menerima sejumlah penghargaan yaitu Satya Lencana Adhitya Karya Mahatva Yudha pada 2017, Adhi Karya Pangan Nusantara tahun 2016 dan Darma Bakti Gerakan Pramuka tahun 2013.


Berikut Tim Pemuka Rakyat merangkum dalam biografi Ruslan M Daud Bupati Bireuen yang jadi Anggota DPR RI. 


Profil

  • Nama Lengkap: Ruslan M. Daud, SE.,M.AP
  • Tempat, Tanggal Lahir: Samalanga, 11 Mei 1970
  • Umur: 52 Tahun
  • Agama: Islam
  • Pasangan: Hj. Faridah binti Adam
  • Pendidikan: S1 Manajemen, STIE Indonesia Medan (2018)
  • Pekerjaan: Bupati Bireuen 2012-2017, Anggota DPR RI 2019-2024 Komisi V Fraksi PKB
  • Partai Politik: Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
  • Organisasi: PCNU Kabupaten Bireuen, Ketua AKSIRA, Wakil Ketua TASTAFI Aceh.
  • Facebook: Ruslan M Daud
  • Instagram: @ruslanmdaud
  • Twitter: @Ruslanmdaud
  • Youtube: Ruslan M Daud

Sebelum menjadi anggota DPR RI Fraksi Partai PKB, Ruslan adalah Penasehat Partai Aceh (PA) sejak 2007 hingga 2017, Ia juga pernah menjadi Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Bireuen dari 2017 sampai 2018.


Usai di lantik menjadi anggota DPR RI Ruslan mendirikan Rumah Aspirasi HRD sebagai wujud komitmen awal pengabdian. Tempat tersebut menjadi rumah bersama, rumah penyerapan dan perjuangan aspirasi masyarakat Aceh.


Pada saat Presiden Joko Widodo menandatangani UU Nomor 20 Tahun 2019 tentang APBN 2020 dimana didalamnya tercantum alokasi dana otonomi khusus (Otsus) Aceh, Ruslan dengan tegas meminta permanenkan Otsus Aceh.


Selain itu Ruslan juga turut aktif memperjuangkan hadirnya kereta api di Aceh terutama jalur Sungai Liput menuju Langsa sepanjang 45 kilometer (Km).


Menurut Mantan Penasehat Partai Aceh (PA) 2007-2017 itu pemerintah pusat harus melakukan sesuatu untuk merebut hati rakyat Aceh dan salah satu caranya adalah dengan mempermanenkan dana otsus karena keniscayaan dan juga amanah.


Tidak hanya itu, Mantan Ketua Dewan Pembina Pelajar Islam Indoneia (PII)  juga pernah diusulkan DPW PKB Aceh sebagai calon Wakil Gubernur Aceh sisa masa jabatan 2017-2022 mendampingi Gubernur Aceh Nova Iriansyah. 

Namun, ia tidak langsung menyanggupi karena dirinya harus berkonsultasi dengan Tgk. H. Muhammad Amin atau Abu Tumin dan Teungku Haji Hasanoel Bashry atau Abu Mudi sebagai orang tua dan juga ulama di Aceh.


Ruslan membuktikan bahwa setiap pencapaian karir seseorang tidak luput dari anugerah Allah SWT dan restu orang tua. Untuk itu selain iktiar kita juga harus membersamainnya selalu dengan tawakal kepada Tuhan yang Maha Kuasa.


Ruslan M Daud terpilih menjadi anggota DPR RI dari daerah pemilihan Aceh II yakni Aceh Timur, Aceh Tengah, Aceh Utara, Bireuen, Aceh Tamiang, Bener Meriah, Kota Lhokseumawe, dan Kota Langsa. (pemuka-rakyat.com)


0 Comments